Surat Lamaran adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, kantor atau instansi tertentu. Secara garis besar surat lamaran kerja terbagi menjadi dua macam yaitu surat lamaran kerja berdasarkan iklan dan surat lamaran kerja berdasarkan inisiatif sendiri. surat lamaran kerja termasuk kedalam golongan surat resmi atau dinas sehingga dalam penulisannya terdapat aspek-aspek tertentu yang harus di perhatikan.
Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar
1. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
pergunakan bahasa yang formal karena surat lamaran kerja termasuk surat
resmi jangan menggunakan bahasa yang tidak patut dalam pembuatan surat
resmi.
2. Tulislah kalimat yang singkat padat dan jelas.
jangan bertele-tele dalam menulis surat lamaran karena surat lamaran
bisa menampilkan jati diri seseorang serta sebuah instansi atau
perusahaan tidak menyukai surat lamaran yang bertele-tele.
3. Tulislah secara manual menggunakan tangan.
penulisan surat lamaran kerja secara manual lebih disukai perusahaan karena melalui tulisan tangan bisa dinilai bagaimana pribadi seseorang.
4. Perhatikan kebersihan surat lamaran kerja.
jangan sampai ada coretan atau bekas penghapus dalam surat lamaran
kerja, jika salah menulis lebih baik tulis ulang di kertas baru, jangan
menggunakan stipo untuk menghapus.
5. Isi secara jelas data diri dan informasi yang informasi tentang diri anda, serta lampirkan dokumen-dokumen pendukung seperti daftar riwayat hidup,fotocopy identitas diri serta dokumen-dokumen lain yang menjadi persyaratan.
Bagian-bagian dalam surat lamaran kerja
1.Tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran.
2. Hal atau perihal.
3. Lampiran berkas.4. Alamat yang di tuju.
5. Salam pembuka.
6. Isi surat yang bisa di bagi menjadi empat bagian yaitu ; paragraf pembuka, isi surat, daftar lampiran dan paragraf penutup.
7. Salam penutup.
8. Nama terang pelamar dan tanda tangan.
Sumber :
http://www.kopi-ireng.com/2014/06/pengertian-surat-lamaran-kerja-beserta.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar